Rute Angkot Sadang Serang-Caringin

Rute Angkot XVII (Sadang Serang – Caringin). Catatan: Peta rute di atas merupakan peta pulang-pergi. Untuk mengatur peta, klik atau tekan icon di bagian kiri atas peta, kemudian untuk menyembunyikan salah satu rute, silakan hilangkan tanda centang dengan mengekliknya.

Angkot jurusan Sadang Serang – Caringin merupakan trayek angkot yang selalu setia selama beberapa tahun terakhir mengantarkan saya dari tempat tinggal saya di daerah rantau menuju kampus ITB yang terletak di Jalan Ganesha. Angkot ini mulai beroperasi dari dini hari sekitar pukul 04.00 WIB atau sekitar itu, karena pengalaman saya pernah menaiki angkot ini sekitar pukul 04.30 WIB ketika saya masih masa awal menjadi mahasiswa yang ketika itu hendak melakukan daftar ulang di Sasana Budaya Ganesha. Sementara akhir operasi ialah sekitar pukul 20.00 WIB, atau jika beruntung masih ada beberapa angkot yang bisa ditemui pada 20.15 WIB meski sangat jarang yang mencapai pukul 20.30 WIB. Sama seperti angkot Bandung lainnya, biaya yang harus dikeluarkan menyesuaikan dengan jarak. Jarak tempuh yang dekat (kurang dari 1 km) dihargai Rp 2.500,- sementara untuk jarak 1-2 km dihargai Rp 3.000,- walaupun seringkali juga bergantung pengemudi masing-masing. Untuk jarak jauh di atas 2 km saya kurang mengetahui, karena saya cenderung menggunakan sepeda motor jika harus bepergian lumayan jauh mempertimbangkan faktor biaya serta waktu karena memiliki selisih yang cukup signifikan.

random44-1
Angkot Sadang Serang-Caringin. Berwarna biru muda – hijau dengan strip kuning ditengahnya.

Sebagai angkot yang telah teramat berjasa bagi pendidikan saya, maka artikel ini saya persembahkan khusus kepada segenap keluarga besar angkot Sadang Serang – Caringin (baik pengemudi, penumpang setia, maupun calon penumpang), yang meski telah saya naiki bertahun-tahun tetap saja saya belum mengetahui rute keseluruhan serta bentuk fisik dari Terminal Caringin. Walau begitu, saya bersyukur banyak pegiat kreativitas Kota Bandung yang menyajikan informasi seputar angkot Bandung dengan berbagai fiturnya yang menarik dan memudahkan pengguna (seperti kiri.travel atau angkot.tibandung). Beberapa situs juga menyediakan informasi tertulis mengenai berbagai rute angkot di Bandung. Pada kesempatan ini saya hendak turut memberikan kontribusi terkhusus bagi masyarakat yang belum hafal nama jalan maupun nama daerah di Kota Bandung akan tetapi memiliki kemampua membaca peta. Melalui artikel ini saya sajikan peta lintasan sekaligus keterangan rute angkot Sadang Serang – Caringin pulang pergi. Semoga berguna bagi pembaca sekalian.

Terminal Sadang Serang – Jl. Sadang Serang – Jl. Tubagus Ismail – Jl. Ir. H. Juanda (Pasar Simpang Dago) – Jl. Sumur Bandung (McD Dago) – Jl. Tamansari (gerbang belakang ITB) – Jl. Cikapayang (bawah jalan layang Pasupati) – Jl. Sawunggaling – Jl. Tamansari (UNISBA-UNPAS) – Jl. Wastukencana – Jl. Purnawarman (BEC) – Jl. Pajajaran – Jl. Cicendo – Jl. Kebon Kawung (Stasiun Bandung) – Jl. Pasir Kaliki – Jl. Kesatrian (SMP 1) – Jl. Bima – Jl. Pajajaran (Bandara Husein Sastranegara) – Jl. Abdulrahman Saleh – Jl. Garuda – Jl. Jend. Sudirman – Jl. Raya Cijerah – Jl. Bojong Raya – Jl. Holis – Jl. Caringin – Terminal Caringin (Pasar Induk Caringin)

Terminal Caringin – Jl. Caringin – Jl. Holis – Jl. Bojong Raya – Jl. Raya Cijerah – Jl. Jend. Sudirman – Jl. Rajawali Barat – Jl. Rajawali Timur – Jl. Garuda – Jl Abdul Rahman Saleh (Bandara Husein Sastranegara) – Jl. Pajajaran – Jl. Astina (belakang Istana Plaza) – Jl. Dursasana – Jl. Dr. Rajiman – Jl. Abdul Rivai – Jl. Wastukencana (POM Bensin – pasar bunga) – Jl. Tamansari (UNPAS) – Jl. Tamansari (Balubur Town Square) – Jl. Ganesha (gerbang depan ITB) – Jl. Ir. H. Juanda – Jl. Tubagus Ismail – Jl. Sadang Serang – Terminal Sadang Serang

Tinggalkan komentar